Tendik

You tube YMIK

http://www.sch-id.net/admin/galeri/f3335_youtubeymik.png

Buku Tamu






SUPPORT ADMIN
Status YM

Gallery Foto

Kalender

animasi bergerak gif
Terima Kasih UNAIR!

Like Facebook Kami

Statistik

Flag Counter

Mars YMIK

Visitor


counters

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

3 Mei 2016, Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia

Oleh Admin 04-05-2016 18:43:05

 

[Jakarta], 3 Mei 2016

" Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia "

Peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia (World Press Freedom Day) yang jatuh di setiap 3 Mei merupakan momentum bagi jurnalis, perusahaan media, pemerintah, aparat penegak hukum, dan masyarakat untuk merefleksikan kembali praktik kebebasan pers dan independensi media di Indonesia, sebagai prasyarat sebuah negara yang demokratis.

Dimana sekarang ini dunia lagi merayakan hari kebebasan pers internasional, yang berbeda soal penetapan harinya di Indonesia. Indonesia sendiri, merayakan hari pers pada 9 Februari. Walaupun, sebetulnya penetapan hari pers nasional, menurut adanya Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985, yang menjadi sebuah dasar pada penetapan Hari Pers Nasional itu pun masih, sampai sekarang menjadi gugatan dari banyak pihak, karena mereka beranggapan hal itu bukanlah sebuah momentum dari perjuangan pers bangsa Indonesia.

9 Februari ditetapkan sebagai hari pers nasional, bukan pada 3 mei Di tambah lahirnya penetapan tersebut, karena beralasan akan disamakan dengan hari lahirnya PWI atau Persatuan Wartawan Indonesia, 9 Februari 1946, padahal PWI sendiri bukan sebagai organisasi wartawan paling pertama di Indonesia. Penetapan 9 Februari sebagai hari pers adalah bermuncul saat adanya beberapa tokoh orde baru, Harmoko, yang waktu itu ia menjabat selaku ketua PWI Pusat.

Menurut pakar sejarah, massa Orde baru yang dipimpin Presiden Soeharto terkenal sepanjang sejarah bukanlah massa atau rejim dengan kebebasan pers yang baik dan independen, jadi keputusan itu dinilai oleh banyak pakar terlalu banyak kepentingan politis. Tetapi, disamping banyaknya perdebatan tentang sejarah hari pers di Indonesia, dunia internasional tetap merayakan momentum kebebasan pers sedunia yang jatuh pada hari ini, 3 Mei 2016.